pantai baron

Keindahan Dibalik Situs wisata Gunung Kidul

Posted on

Jogjakarta bukanlah hanya Malioboro. Bukan cuma Pantai Parangtritis. Gunungkidul ialah keindahan lainnya yang tidaklah pantas terlewatkan pada saat wisata ke Jogjakarta. Keindahan terhampar di tepi pantai selatan Gunung kidul. Wujudnya sederetan pantai cantik juga menawan. Rata-rata tidak tang­gung-tanggung, diatas angka 10 pantai. Pantai-pantai ini mayoritas mempunyai pasir putih yang bercampur padang dengan bebatuan karang yang kuat berdiri menantang ombak. Menikmati itu cukup murah, satu tiket senilai Rp 10.000. Kearah tempat-tempat indah ini pun bukan urusan yang sulit. Mengingat, jalur transportasi gampang diakses dari mana pun.

Dari Surabaya contohnya. Takkan ku­rang dari 5 kereta api sambangi di Kota Gudeg, istilah Jogjakarta, dari Surabaya. Setelahnya bus 24 jam. Maskapai pesawat tidaklah kurang dari 17kali, mulai pagi sampai dengan malam. Begitu pun jika pergi ke Jogjakarta dari Jakarta. Maskapai dari ibukota sampai 18x.

Untuk hotel, jelas tidak dapat masalah. Jogjakarta menawarkan ratusan hotel. Awali yang murah sampai dengan mewah. Bah­kan, beristirahat di hotel dengan kisaran Rp 250.000/malam. Kemudian, akses ke Obyek Situs Wisata Gunung kidul? Memang belum tersedia angkutan umum pergi ke pantai-pantai unik itu. Tetapi, Jogjakarta menawarkan tidak sedikit persewaan kendaraan. Entah roda dua atau pun roda empat.

Uang sewanya pula tidak begitu berat. Harga sewa motor Rp 60.000/hari, akan tetapi mobil dari Rp 350.000 + sopir. Mobil itu pasti diantar ke bandara, terminal, maupun stasiun. Sesuai kesepakatan. Dari Jogjakarta, Obyek Situs wisata Gunung kidul mampu ditempuh dalam masa 1,5 jam sampai dengan 2 jam. Waktu tempuh sendiri tentu tidak begitu lama. Lantaran, jalanan Gunung kidul relatif lengang. Apabila sudah dekat dengan pantai, lukisan alam membuat daya tarik berbentuk sawah juga ladang berundak secara pem­batas tatanan batu jadi suguhan. Tidak terlalu jarang, bebatuan besar teronggok di kawasan persawahan juga ladang. Itu pasti sulit dijumpai di area persawahan biasa. Indah ‘kan?

Pada saat roda sudah mendekat pantai, Baron boleh menjadi pilihan pertama. Baron mempunyai pasir hitam juga diapit 2 karang yang besar. Di arah karang bagian barat, airnya relatif tenang. Pelancong bisa main air dengan nyaman. Di Baron, kalian juga bisa memandangi dari dekat rutinitas para nelayan kedalam mengambil hasil tangkapan.

Dari Baron, kalian setelahnya bisa menjelajah satu-satu keelokan pantai Gunung kidul. Semacam, menuju ke Kukup yang berlantai pasir putih juga berhias 2 batu-batu karang. Satu diantara karangnya yang difasilitasi gazebo bisa didatangi dengan melalui jem­batan yang digelar di permukaan laut.

Setelah itu, suka-suka mau memilih berada dimana lagi. Yang pasti, pantai-pantai yang lain sayang tuk terlewatkan. Pantai Indra­yanti misalnya. Pantainya emang tidak terlalu panjang, tidak lebih dari 200m. Namun, di Indrayanti berkesempatan menikmati pasir putih lembut juga sedikit kasar. Di Indrayanti kalian pula bisa berteduh kemudian mengabadikan diri di batu-batuan yang timbul perkasa. Di Indra­yanti juga pengunjung bisa menemukan ikan-ikan kecil dekat tepi pantai.

Nikmatilah segala keindahan pantai situs wisata di indonesia itu sampai dengan senja. Andai belum puas, Baron beserta Kukup menyediakan tempat menginap yang harganya miring dengan dompet. Dengan bermalam di sana, pasti esoknya bisa meresapi ulang keindahan pantai-pantai tadi. Keindahan Gunungkidul belum berakhir di pantai. Diantara kegersangannya, Gunungkidul pula terdapat Goa-goa juga Embung Nglanggeran. Goa Pindul mena­warkan keadaan menjelajahi dalamnya aliran sungai.

Didalam satu titiknya, kita boleh menikmati pancaran cahaya yang lolos kedalam goa. Di titik ini pula kita berkesempatan berhenti sejenak bermain-main dan melompat ke air yang menyegarkan. Jelang senja, geser menuju ke Embung Nglanggeran. Embung Nglanggeran ialah danau kecil di puncak teratas bukit. Dari embung tadi, kita bisa menikmati matahari tenggelam makin syahdu. 1 kali lagi, nikmati ke­indahannya sampai dengan senja.

Pintu masuknya yaitu Jogjakarta. Entah itu via Bandara Adisutjipto, maupun Terminal Giwangan, serta Stasiun Tugu, atau pun Stasiun Lempuyangan. Dari obyek tersebut Kalian bisa merental mobil dan motor. Tur dari Jogjakarta menuju ke pantai di Gunungkidul membutuhkan 2 jam. Penginapan cukup membuat energi kalian balik segar lagi, cuma musti mengeluarkan uang Rp. 25.000/malam cukup bisa mendapatkan nyamannya kasur.

One thought on “Keindahan Dibalik Situs wisata Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *