Alam Indah Dari Situs Wisata Temanggung

Posted on

Bagi kalian yang mengidamkan liburan damai dan tenang, sekaligus bisa merelaksasi diri, disarankan kalian berwisata ke Posong yang ada di lereng Gunung Sindoro. Posong bisa kalian capai dengan trip dengan jauh 3,5 km dari jl. raya Temanggung-Wonosobo. Hal menyenangkan bisa kalian dapati di Posong, sebagaimana udara segar yang dipastikan tanpa polusi udara, ketentraman tanpa kebisingan perkotaan, panorama sunrise yang mengagumkan, berkunjung ke sekian dari sungai purba yang ada di Temanggung yakni Watu Mlongso, dan ajaibnya, bisa menyaksikan langsung pemandangan Milky Way! Posong pun sebagai salah satu rute pendakian ke puncak teratas Gunung Sindoro yang bisa ditempuh 5 jam trek dari sana. Posong berlokasi di kecamatan Kledung, lebih tepatnya di dusun Tlahab.

Bukit Posong

Nah, bila kalian suka menyaksikan beragam sinema di bioskop21, Temanggung menonjolkan kalian bioskop unik dimana kalian bisa menonton film 4D! Keren, kan? Maka, Andromeda Cinema ini ialah salah satu bioskop 4 dimensi yang ada di Temanggung, hingga tak heran bila banyak pengunjung yang berkunjung ke bioskop ini. Di sana, kalian dapat menyaksikan beragam film yang seru serta lucu, lengkap dengan beragam sentuhan layaknya sungguhan semacam adegan hujan dimana kalian bakal terkena guyuran gerimis, hempasan angin, atau malah kilat. Film yang kalian saksikan akan makin seru lagi dengan segmen simulasi rollercoaster sebagai endingnya. Wih! Bioskop 4D itu bisa kalian temukan dalam komplek Taman Kartini, suatu obyek situs wisata taman hiburan di Temanggung, lebih tepatnya di Jln. Suwandi Suwardi, nomor 5, Kowangan.

Baca juga: Wisata Pulau Seribu

Situs Liyangan

Nah, referensi wisata Temanggung selanjutnya ialah wisata sejarah, pas tuk kalian yang mau mengetahui histori Nusantara khususnya dari zaman purbakala. Temanggung mempunyai satu situs purbakala yang ditemui oleh kaum penambang pasir kira-kira tahun 2008 lampau. Menurut setiap peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta, Situs itu ialah sisa pemukiman dari zaman pemerintah Mataram Kuno yang memerintah pada abad kesembilan. Pemukiman itu lalu terkubur lava dari problem erupsi Gunung Sindoro. Peninggalan purbakala yang ada di kecamatan Ngadirejo, lebih tepatnya di desa Purbosari itu adalah penemuan arkeologi yang amat besar, dimana ada berbagai peninggalan bersejarah semacam bekas-bekas rumah, talud, alat-alat rumah tangga, sampai fosil padi. Dijumpai juga suatu bangunan candi yang unik di sana, karena mempunyai tiga Yoni, tak seperti candi biasanya. Tidak cuma itu, tubuh candi pula hanya berupa seperti altar tiada bagian tubuh serta atap.

Gunung Sumbing

Welcome gunung tertinggi Temanggung! Ketinggiannya hingga 3,340mdpl di bagian puncaknya sebagai gunung yang tertinggi di Temanggung, disusul Gunung Sindoro. Gunung itu disukai oleh banyak sekali pendaki, khususnya disaat ritual pendakian yang pula dilakoni di Gunung Sumbing. Ada ritual Malem Selikuran, yang mana para peserta berombongan naik Gunung Sumbing 21 Ramadhan atau ketika bulan puasa. Ketika ritual pendakian itu dilakukan, pesertanya hingga ribuan pendaki, entah itu pendaki amatir sampai yang telah profesional dari Sumbing Hiking Club, dan semua petugas terpadu yang standby di posko gunung. Hiking bisa membutuhkan waktu 5 jam, bila cuacanya telah bagus. Rute pendakian dari basecamp ke puncak bakal melewati tiga pos, yakni Pos I 1,750mdpl, Pos II 2,000mdpl, Pos Bayangan di 2,500mdpl, lalu sampailah di bagian puncak di ketinggian 3,340mdpl.

Gimana? Seru betul kan situs wisata Temanggung? Khususnya bagi kalian yang katanya pecinta alam, Temanggung merupakan salah satu tujuan wajib Situs wisata Indonesia yang musti kalian kunjungi.

One thought on “Alam Indah Dari Situs Wisata Temanggung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *