arsene wenger

6 Mantan Bomber Arsenal Yang Mampu Menjadi Penerus Arsene Wenger

Posted on

Pasca takluk 2-1 dari Brighton, Arsenal menuai 4 ketinggalan berturut-turut buat pertama kalinya semenjak tahun 2002. Alhasil, 22 tahun kebersamaan Arsene Wenger bersama The Gunners bisa selesai dengan buruk.

Sekarang satu-satunya impian pelatih Prancis itu guna memompa trofi cuma didalam perlombaan Liga Europa. Tetapi, para pendukung rasanya sudah tidak mau menjumpai Wenger ada di Emirates.

Wenger boleh saja keluar dari Arsenal didalam waktu dekat. Tetapi, pertanyaan besarnya siapa yang bakal dipilih team buat mereplace kunjungi web ini pria berumur 68 tahun itu.

Ex pesepakbola mungkin begitu diperlukan selama masa transisi di Arsenal. Dibawah ini 6 ex pemain Arsenal yang dapat dipertimbangkan buat mereplace Arsene Wenger

1. Sol Campbell

Sol Campbell membikin keputusan berani ketika beralih dari Tottenham menuju Arsenal di tahun 2001. Defender tengah itu lalu membikin 135 debut buat The Gunners jelang beralih ke Pompey di tahun 2006.

Meskipun pernah jadi salah satu bek cemerlang di Arsenal dan bekerja menjadi duta klub, Campbell kesulitan memperoleh posisi manajerial senior semenjak pensiun di tahun 2012. Ia sempat mengikuti kursus kepelatihan yang diselenggarakan federasi sepakbola Wales hingga mendapatkan lisensi UEFA Pro di tahun 2017 sebelum dia mendapat undangan buat jadi asisten manajer Trinidad & Tobago.

Campbell kerap melamar ikuti tautan ini posisi manajerial di Inggris tetapi dengan konsisten ditolak, belakangan oleh tim Liga 1 Oxford United di bulan Februari.

Itu bisa saja tidak bakal menghentikannya buat masuk musim pengganti Arsene Wenger, tetapi kemungkinan dia sebagai pelatih selanjutnya mungkin nyaris nol.

2. Dennis Bergkamp

Dennis Bergkamp menikmati karir 11 tahun yang populer bersama Arsenal usai joint dengan Inter di 1995. Bintang berdarah Belanda itu sukses membukukan total 423 debut dan menghasilkan 120 gol buat The Gunners pra pensiun di 2006.

Usai pensiun, Bergkamp menolak beberapa posisi di Arsenal dan bersikeras jika dia tidaklah berniat berganti menjadi manajer. Tetapi, di tahun 2008, Bergkamp menghabiskan pendidikan diploma kepelatihan yang cuma tersedia buat ex bintang dunia Belanda.

Usai menyelesaikan diploma pada tahun 2009, dia menjadi pemimpin tim U12 Ajax menjelang dipromosikan sebagai asisten pelatih tim U19 di tahun 2010. Satu tahun kemudian dan Bergkamp diakui sebagai asisten pelatih De Boer pada tim utama.

Bergkamp akhirnya ditendang coba kunjungi website aslinya bersama dengan pelatih Marcel Keizer dan asisten yang lainnya Hennie Spijkerman di 2017 usai mereka tidak berhasil masuk ke Liga Champions dan Liga Europa via babak penyisihan.

‘nonflying Dutchman’ masih tetap diingat di Emirates, di mana ia dibuatkan patung di luar Clock End di tahun 2014. Tetapi demikian, dengan pengalaman manajerialnya yang limit, Bergkamp bisa saja bukanlah pilihan primadona petinggi Arsenal.

3. Patrick Vieira

Vieira merupakan kapten Arsenal ketika The Gunners terakhir kalinya sukses memompa trofi Premier League di tahun 2005.

Pengalaman mengasah pria Prancis tersebut akhirnya terwujud 6 tahun berselang, ketika dia mendapat peran menjadi pengembangan bintang remaja Manchester City. 2 tahun berselang, dia diumumkan menjadi pelatih tim simpanan baru team dan Elite Development Squad.

Di tahun 2015, Vieira mengambil jabatan manajerial senior pertamanya, ketika dia dipromosikan menjadi manajer New York City. Pada musim pertamanya bersama dengan klub MLS, legenda Arsenal tersebut memperoleh peringkat ke-2, sebelum mereka terlempar pada babak semifinal menghadapi Columbus Crew.

4. Thierry Henry

Pria Prancis ini melakukan 254 debut bagi Arsenal diantara 1999-2007 dan sebagai penghasil gol paling banyak team dari 228 gol. Ia lalu ditunjuk oleh Roberto Martinez menjadi coba lihat disini asisten pelatih team nasional Belgia di 2016.

Sehabis mengalami ketinggalan didalam laga pertamanya jadi asisten manajer, Henry semenjak itu menyokong Les Diables melangkah didalam 15 pertandingan berturut-turut tidak dapat di kalahkan, di mana mereka meraih kemenangan 11 kali dan berlaga draw 4 kali.

Setelah belum lama ini memperoleh Lisensi UEFA Pro, legenda The Gunners ini barangkali berminat memperoleh ranking manajer kepala. Henry awalnya pun mengakui bahwa, bila Arsenal datang memberikan tawaran, dia tidaklah akan menolak peluang guna mengurus bekas klubnya, dengan menyatakan: “Bila Anda suka suatu tempat dan mereka memohon pertolongan, Anda pasti akan rela mengatakan iya.”

Bila dia mampu mendapatkan tugas tersebut, Henry diinginkan dapat membuat penampilan manajerial yang lebih gemilang dibanding rekannya sesama pandit Sky Sports Gary Neville.

5. Giovanni van Bronckhorst

Van Bronckhorst bisa saja tidak begitu diingat oleh fans Arsenal dibandingkan dengan pengganti berpotensi yang lain, tetapi pria berdarah Belanda ini mempunyai CV yang sangat mengagumkan ketika menjadi manajer.

Bronckhorst cuma melakukan 42 debut bagi The Gunners sehabis ia joint dengan Rangers di 2001 jelang ia beralih menuju ke Barca 2 tahun berselang. Usai pensiun di 2010, ex midfielder itu menghabiskan waktu menjadi asisten pelatih U21 Belanda sebelum ia ditunjuk menjadi asisten pelatih Feynoord di bawah Ronald Koeman di tahun 2011.

Di tahun 2001, Van Bronckhorst dinyatakan menjadi pelatih baru Feynoord pasca kepergian Fred Rutten. Di musim penuh pertamanya menjadi pelatih, baca lebih lengkap ia sukses menjuarai Piala KNVB setelah team itu menaklukan Utrecht 2-1 pada final. Satu tahun berselang, Van Bronckhorst merengkuh prestasi yang sangat baik dan menjuarai gelar Eredivisie bagi Feyenoord buat pertama kalinya didalam 18 tahun.

Bursa ini, Feyenoord menderita kemerosotan dan sekarang ini bercokol di ranking Ke-5 pada klasemen sementara Eredivisie.

6. Mikel Arteta

Mantan pesepakbola Arsenal yang lainnya yang memiliki relationship bersama Manchester City, Mikel Arteta dapat dibilang menjadi keputusan paling baik guna menggantikan Arsene Wenger di Emirates jika dia memilih untuk hengkang.

Arteta joint bersama Arsenal melalui Everton di tahun 2011 dan lalu membikin 110 debut bagi team London utara hingga dia pensiun di 2016. Pria Spanyol tersebut mengawali di dunia kepelatihan di Etihad di mana dia di pilih menjadi asisten pelatih oleh Pep Guardiola di tahun 2016.

Keahliannya bersama The Citizens tampaknya menarik atensi petinggi Arsenal. The Gunners bakal mengalami kompetisi sengit dari ex team Arteta yang lainnya bila mereka berminat menjajal merekrutnya sehabis Everton diberitakan juga memiliki minat terhadapnya.

Disisi lain, pesepakbola Arsenal diberitakan tidak suka dengan inisiatif agar dikomandoi oleh salah satu ex teman satu klubnya yang mereka anggap sombong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *